5 Langkah Memilih Ikan Segar

0
206

Sebagai salah satu sumber protein yang paling baik, ikan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi, membuat olahan ikan begitu digemari. Beragam jenis masakan lezat bisa dibuat dari ikan. Mulai dari ikan bakar, ikan goreng, pepes ikan, hingga sup. Meski begitu, sayangnya sebagian orang masih belum bisa memilih ikan segar. Padahal, kualitas ikan segar tentu bisa membuat cita rasa masakan semakin nikmat. Namun jangan khawatir, karena kumparan (kumparan.com) telah merangkum tips memilih ikan segar. Apa saja?

1. Perhatikan kondisi fisik ikan

Sebelum membeli ikan, pastikan kondisi fisiknya masih baik dan tidak rusak. Ikan segar umumnya mempunyai tampilan sisik yang masih lengkap, mengkilap, dan tidak mudah terlepas. Bagian insangnya pun harus berwarna kemerahan, tidak berlendir, dan tidak berbau menyengat.

2. Lihat bagian mata ikan

Ikan segar biasanya terlihat dari bentuk dan warna matanya. Mata ikan yang bagus akan tampak bening dan tidak lembek saat ditekan. Namun, apabila kamu menemukan ikan dengan kondisi mata yang sudah memerah, bisa dipastikan ikan tersebut kurang segar.

3. Menekan daging ikan

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah menekan permukaan daging ikan. Tekan daging ikan dengan buku jari, lalu perhatikan teksturnya. Ikan segar teksturnya akan terasa elastis dan kenyal, sehingga saat ditekan akan kembali seperti semula.

4. Angkat ikan

Angkat ikan dan perhatikan kondisi ikan. Ikan segar biasanya akan terasa kaku dan tidak lemas saat dipegang. Sementara, ikan yang tidak segar cenderung akan lemas dan lebih berlendir.

5. Perhatikan isi perut ikan

Langkah terakhir untuk mengecek kesegaran ikan adalah dengan mengeluarkan isinya. Serupa dengan insang, isi perut ikan yang segar akan berwarna kemerahan dan tidak pucat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here