Pembahasan One Data Statistik Bidang Kelautan dan Perikanan

0
236

Bertempat di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, melakukan Kegiatan “Pembahasan One Data Statistik Bidang Kelautan dan Perikanan”. Kartu KUSUKA diterbitkan untuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan serta menciptakan efektivitas dan efisiensi program Kementerian Kelautan dan Perikanan agar tepat sasaran dan pendataan kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan, sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39/PERMEN-KP/2017 tentang Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan.

Kami sampaikan Petugas  kartu KUSUKA yang telah ditunjuk Saudara agar berkoordinasi dengan PIC Bank BNI yang Telah ditetapkan dalam hal distribusi kartu KUSUKA dapat dilakukan secara perorangan (pelaku usah langsung datang ke BNI yang telah ditetapkan) atau dapat dilakukan secara kolektif dikoordinasikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Brebes.

Fungsi Kartu KUSUKA:

  1. Identitas profesi Pelaku Usaha kelautan dan perikanan;
  2. Basis data untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan Pelaku Usaha kelautan dan Perikanan;
  3. Pelayanan dan Pembinaan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan; dan
  4. Sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Kementerian.

Kartu KUSUKA ini yang nantinya akan dipergunakan nelayan atau pembudidaya perikanan dalam mengakses berbagai bantuan.  Kartu KUSUKA bisa didapatkan secara orang perseorangan atau korporasi yang meliputi, nelayan baik nelayan kecil, nelayan tradisional, nelayan buruh, dan nelayan pemilik.Selain itu, pembudidaya ikan yang terdiri dari pembudidaya ikan kecil, penggarap lahan, dan pemilik lahan. Petambak garam pun bisa mengakses kartu KUSUKA. Pelaku lainnya adalah pengolah ikan, pemasar perikanan dan penyedia jasa pengiriman produk kelautan dan perikanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here